Thursday, March 27, 2008

Future of the world wide web

Tugas ARC lagi!
Kali ini, saya akan sedikit bercerita mengenai apa yang mungkin terjadi di masa depan pada world wide web (WWW). Pertama-tama, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan world wide web. WWW, seringkali disingkat web, berhubungan erat dengan hypertext. Hypertext adalah data atau text yang mengandung link ke data lainnya, dan bisa dianalogikan degan susunan informasi dalam sebuah ensiklopedia. Dokumen web dirancang dengan menggunakan bahasa HTML.

Web page pertama dibuat pada Agustus 1991. Web page pertama cukup simpel dibandingkan dengan standar masa kini, namun ia memiliki semua fitur utama yang ada pada web page-web page yang ada sekarang: dapat diakses dengan menggunakan web browser, menyimpan link ke dokumen lain, dan punya content yang terstruktur dengan menggunakan HTML.

Selama era tahun 1990an, world wide web berkembang dengan pesat. Secara grafis web menjadi semakin baik, dan penggunaan CSS menmungkinkan pembuatan web yang lebih menarik dan kompleks. Seiring dengan semakin bertambahnya fitur web dan komputer, berbagai macam publikasi dan perusahaan media pun merambah ke dunia web. Semakin lama, kebutuhan akan tampilan web yang menarik semakin meningkat dengan tujuan menambah pengunjung. Pada saat inilah, web designer menjadi sebuah profesi. Web page yang tadinya berupa tampilan teks statis sederhana beralih rupa menjadi sebuah tampilan yang interaktif dengan bantuan JavaScript dan Flash. Sejalan degan perkembangan ini, advertising di internet, web hosting, dan situs belanja online menjadi semakin populer.

Pada saat ini, yang digunakan adalah versi web 2.0 yang lahir pada tahun 2004. Sebenarnya, istilah web 2.0 lebih kepada semacam paradigma dibandingkan dengan sebuah perkembangan teknologi. Web 2.0 mengacu kepada suatu struktur internet di mana isi dari suatu web di submit oleh user. Web 2.0 adalah sebuah momentum di mana web menuju ke kolaborasi online di mana semua orang dapat berpartisipasi dalam pengembangan web. Contoh website-website yang menganut paham ini adalah Digg, Google Maps, Myspace, Flickr, dan banyak lagi.

Sekarang, apa seperti apakah web yang akan kita temui di masa depan? Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini dan pertambahan jumlah user, internet yang bahkan lebih aksesibel dari sebelumnya akan lahir.

Dengan semakin populernya mobile device dan radio frequency identification, web akan semakin terintegrasi ke dalam dunia nyata. Semua hal yang kita lakukan akan terekam di internet. Bahkan, beberapa orang dapat memindahkan aspek pribadi dan bisnisnya ke dalam dunia virtual (seperti dalam world of warcraft dan second life) dengan bantuan teknologi internet.

Dalam waktu-waktu mendatang, akan muncul juga aplikasi-aplikasi berbasis web yang memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi dalam desktop. Batas antara PC dan internet akan semakin kabur, meskipun tidak menghilang sepenuhnya.

Dengan berkembangnya teknologi software dan perlatan elektronik, orang-orang memiliki kemampuan untuk melakukan sharing content dalam jumlah besar dalam waktu singkat di internet. Otomatis, internet akan menjadi semacam album raksasa, yang diisi dengan memori dari berbagai macam orang.

Berkembangnya internet juga memungkinkan teknologi-teknologi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berfungsi dengan lebih optimal. Sebagai contoh, kita dapat memonitor pemakaian listrik rumah, mengatur sistem keamanan, dan banyak hal lagi secara mobile dengan menggunakan handphone. Kita dapat memantau posisi anggota keluarga dengan menggunakan fungsi GPS yang terdapat pada handphone.

Peralatan rumah tangga juga akan terintegrasi dengan jaringan internet, sehingga peralatan rumah tangga dapat melakukan berbagai tugas sehari-hari secara otomatis. Sebagai contoh, apabila persediaan makanan di lemari es kita habis, otomatis program yang terdapat di dalam lemari es akan melakukan pemesanan ke toko online.

Itu semua hanyalah sebagian kecil dari apa yang dapat kita lakukan di masa depan dengan memanfaatkan teknologi web. Kesimpulannya, di masa depan web akan menjadi suatu bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, sama seperti listrik maupun jaringan telpon.

Sumber http://www.webknowhow.net/news/editors/PastPresentFuture.html

No comments: