Thursday, January 24, 2008

Eye-candy for your Ubuntu

Heh, itu sistemnya Leopard! Berhenti niru $#%@$%!
Rizkon setelah melihat Ubuntu gw

Nah, sekarang gw mau kasih tau gimana caranya supaya kalian yang mau dapet tampilan ubuntu yang keren, seperti punya gw! Pertana-tama, install advandced desktop effects setting. Ini udah ada di repository, jadi tinggal buka add remove program trus cari.

Sekarang gw bakal ngasih settingan yang biasa gw gunakan untuk membuat ubuntu gw keliatan keren.

1. Multiple Desktop

Cube untuk tampilan multiple desktop
Bagus juga kalo bosen diputer-puter

Pernah merasa kalo banyaaaak sekali window yang terbuka di dalam desktop, terutama kalian para pengguna OS Windows? Jangan khawatir, Ubuntu men-support penggunaan virtual desktop, dan dapat menghasilkan tampilan yang menarik!

Buka advanced desktop effects setting di system>preferences. Untuk mendapatkan bentuk kubus tiga dimensi buka general options, kemudian buka tab desktop size. Atur supaya horizontal size nya 4, dan vertical size nya satu.

Kembali ke menu utama kemudian aktifkan desktop cube dan rotate cube. Apabila peringatan soal plug-in lain yang menggunakan fitur yang sama, nonaktifkan plug-in sebelumnya. Gambar yang ada di atas kubus dan yang ada pada background dapat diatur dengan menggunakan option cube cap dan skydome di desktop cube.


Expo. Katanya ini mirip sistemnya Leopard.
Dan Ubuntu Gratis. Hahaha.

Plug-in lain yang pas buat digunakan dengan sistem di atas adalah expo. Dengan ini, lu bisa mengatur window mana yang mau dipindahkan ke desktop nomer berapa dengan cepat!

2. Awn (Avant Window Navigator)


Desktop gw keren juga yah...

Liat benda mirip dock nya mac di bawah situ? Itu awn, fungsinya kurang lebih sama lah kayak dock nya mac. Yang ini g ada di repository, jadi harus di cari installernya. Websitenya Awn

3. Screenlets
Tau widgets kan? Nah kalo di linux namanya screenlets

Ubuntu juga punya widget!

Supaya ada widget layernya, di advanced setting tadi bagian desktop, ceklist widget layer. Screenletsnya g ada di repo, jadi sekali lagi selamat mencari installernya! Just google it.

Buat theme, wallpaper, screenlets, dan lain-lain gw biasanya nyari di gnome-look, meskipun selalu ada google sih =p

That's for the basic stuffs! Silakan atur-atur sendiri ubuntu anda! Settingan lainnya dapat anda otak-atik di advanced setting tadi, dari efek window sampai membakar desktop. Try it!

No comments: